Sebuah video yang menampilkan jamaah menggerakkan tubuhnya seraya berdzikir ramai dibicarakan di media sosial.

Video yang diperkirakan direkam di sebuah masjid ini jadi perbincangan karena gerakan yang dianggap tak biasa ketika melakukan dzikir.

Awalnya tampak jamaah wanita yang mengenakan mukena tengah berdiri sambil menggerakkan badannya ke kanan dan ke kiri. Selanjutnya, ketika menyoroti jamaah pria, ternyata hal serupa juga dilakukan.
Para jamaah tampak bersemangat menggerakkan badannya ke kanan dan ke kiri sambil meneriakkan sesuatu. Diduga yang mereka ucapkan adalah dzikir.

Sayangnya, dalam video tak terdengar jelas apa yang mereka ucapkan. Namun, sekilas terdengar kalimat “La Ilaha Illallah”.
Video ini pun menyebar luas di media sosial Instagram maupun Facebook. Pada akun @infobedaeng yang juga mengunggahnya, video ini telah ditonton lebih dari 50 ribu kali dengan ribuan komentar.

Viral.
Astagfirullah al adzim.
Video ini belum diketahui di daerah mana, karena si pengupload tdk memberikan keterangan lokasi.
Cr : Yeni Safitri,” tulis @infobedaeng dalam unggahan tersebut, dilansir tribunnews.com.
Netizen pun langsung heboh memberikan komentar. Mereka bertanya-tanya apa yang sebenarnya dilakukan oleh para jamaah yang jumlahnya tak sedikit itu.
Loh koq dzikir kyk gtu adab nya…kyk org sarap semua jadinya,” tulis akun @febby_riz.
Namun, salah seorang netizen dengan akun bernama @denydeandaffa mencoba menjelaskan soal tata cara dsikir tersebut pada netizen.
#Nobully #wearenotperfecteither – Ada bbrp tmpt memang yg mengajak makmum bersemangat dan bersenam kecil agar tidak ngantuk, maupun lelah, namun maksud baik tdk hrs dilakukan dgn berlebihan, krn Allah tdk suka segala sesuatu yg berlebihan..
Betul sobat? Allahu’alam bissawaf, semoga mrk ini maksudnya bener, cm caranya blm ada yg ngebenerin..
Semoga hidayah Allah segera datang dan mengingatkan mereka dgn adanya guru yg lebih baik bagi mereka, amin..,” tulisnya.

Diduga, apa yang dilakukan para jamaah ini meniru cara dzikir sufi yang memang melakukan gerakan-gerakan tertentu ketika tengah berdzikir.

Bahkan, ada sejumlah variasi gerakan yang mereka lakukan ketika berdzikir. Mungkin, para jamaah ini ingin menirukan kebiasaan tersebut, namun belum berhasil.
Berikut videonya:

Dzikir sambil joget

Dzikir Sufi