Sarianekabaca
  • Home
Beranda » MYCOPYPASTE » PRICING » Metode Penetapan Harga Dengan Pendekatan Biaya

Metode Penetapan Harga Dengan Pendekatan Biaya

MYCOPYPASTE

Metode Penetapan Harga Dengan Pendekatan Biaya:

a. Penetapan Harga Biaya Plus (Cost Push Pricing Method)
Dengan metode ini, harga jual per unit ditentukan dengan menghitung jumlah seluruh biaya per unit ditambah jumlah tertentu untuk menutupi laba yang dikehendaki pada unit tersebut (disebut margin) Dengan demikian, harga jual produk dapat dihitung dengan rumus:

BIAYA TOTAL + MARGIN = HARGA JUAL
Contoh: Seorang pengusaha kecil untuk memenuhi pelanggannya telah memproduksi sepatu 10 pasang. Biaya yang akan dikeluarkan diperkirakan sebesar Rp 800.000,- Bila perusahaan menginginkan laba 10 % dari biaya total, maka harga jual sepatu itu adalah : Rp 800.000 + 10% (Rp 800.000) = Rp 880.000,-.

b. Penetapan Harga Mark-Up
Yaitu dimana para pedagang membeli barang-barang
dagangannya untuk dijual kembali dan harga jualnya dengan
menambahkan mark-up tertentu terhadap harga beli. Rumus yang
digunakan adalah:

HARGA BELI + MARK-UP = HARGA JUAL
Jadi, mark-up merupakan kelebihan harga jual di atas harga belinya. Keuntungan diperoleh dari mark-up tersebut.

c. Penetapan harga Break–Even
Yaitu penetapan harga yang didasarkan pada permintaan pasar dan masih mempertimbangkan biaya. Perusahaan dikatakan break-even apabila penerimaan sama dengan biaya yang dikeluarkannya, dengan anggapan bahwa harga jualnya sudah
tertentu.

Untuk menghitung titik break-even digunakan rumus sebagai berikut:
&nbs p; ; & nbsp; &n bsp; &nb sp; &nbs p; BiayaTetap Total
Titik Break Even (dlm unit) = ---------------------------------------------------
&nbs p; ; & nbsp; &n bsp; HargaJual Perunit – Biaya Variabel Per unit
&nbs p; ; & nbsp; &n bsp; &nb sp; &nbs p; BiayaTetap Total
Titik Break Even (dlm Rp) = --------------------------------------------------
&nbs p; ; & nbsp; &n bsp; &nb sp; &nbs p; 1- BVR/H
dimana : H = harga jula perunit
BVR = Biaya Variabel Rata-rata

Contoh: Sebuah perusahaan akan mengeluarkan biaya tetap sebesar Rp 250.000,- biaya variabel = Rp 30.000,- per unit. Jika dikehendaki harga jual per unit Rp 80.000,- maka :
&nbs p; ; & nbsp; &n bsp; &nb sp; 250
Titik Break-Even (dlm unit) = ------------------ = 5 unit
&nbs p; ; & nbsp; &n bsp; &nb sp; 80-30
&nbs p; ; & nbsp; &n bsp; &nb sp; 250
Titik Break-Even (dlm Rp) = ------------------ = Rp 400.-
&nbs p; ; & nbsp; &n bsp; 1– 30/80

(2) Metode Penetapan Harga Untuk Menghadapi Pasar/Pesaing
Untuk menarik dan meraih para konsumen dan para pelanggan, perusahaan biasanya menggunakan strategi harga. Penerapan strategi harga jual juga bisa digunakan untuk mensiasati para pesaingnya, misalkan dengan cara menetapkan harga di bawah harga
pasar dengan maksud untuk meraih pangsa pasar.

Sebagai contoh: Produk motor Cina menetapkan harga motor di bawah harga motor buatan Jepang dengan maksud untuk meraih pangsa pasar. Bila pangsa pasar sudah diraihnya dan dikuasainya maka loyalitas konsumen akan beralih ke motor China. Dan ada juga yang menetapkan harga di atas harga pasar yang tinggi. Ini dilakukan
bagi produk-produk baru dengan penemuan-penemuan teknik rekayasa baru. Pada mulanya ditetapkan harga yang tinggi kemudiaan bila pasar sudah tergantung pada produk penemuan baru tersebut harga tahap demi tahap dikurangi sesuai dengan masa dari hidup produk. Mungkin saja produk-produk tersebut sudah mulai jenuh di
pasar. (Pengarang : KHAIRUL MADDY ) Share

  • Cara-Cara Penetapan Harga Produk

  • Metode Penetapan Harga Untuk Menghadapi Pasar/Pesa...

  • Tujuan & Metode Pendekatan Penetapan Harga

  • PENETAPAN HARGA JUAL

  • Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Nilai Pelangg...

  • Enam Kesalahan Penetapan Harga Terbesar

  • POWER PRICING

  • Kebijakan Penetapan Harga Produk

  • Tujuan Strategi Penetapan Harga Bagi Perusahaan Bi...

  • Metode Penetapan Harga Dengan Pendekatan Biaya

  • Segmentasi Targeting dan Positioning (2)
    Segmentasi dan Targeting. Positioning (1)
    Segmentasi Pasar , Penentuan Target Pasar dan Positioning
    Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP)
    STP dan 4P
    Positioning Berdasarkan Nilai
    Apa itu Positioning (Pengertian Positioning)
    Strategi Repositioning (reposisi suatu produk)
    Positioning Strategy
    Empat Kriteria Yang Menentukan Positioning
    Positioning Menurut Manfaat
    Positioning Berdasarkan Kategori
    Positioning Berdasarkan Atribut


    http://toel2.blogspot.com/

    Tweet

    Artikel keren lainnya:

    Ditulis oleh Unknown pada tanggal Friday, January 1, 2010
    Newer Post
    Older Post
    Home
    View mobile version

    Popular Post


    Kata kunci UNBANNED CHAR PB CONF
    Sangat di sayangkan bagi seorang Tropper dengan char Unggulannya yang sudah di banned tapi .....
     
    Kata kunci CHEAT PB GARENA TERBARU LULUS UJI
    Cheat Terbaru Grid Super Glass PB Garena Lulus Uji Patch, tembus meskipun billing dari PB Garena .....
     
    sampling Berbagai Sampling Keyboard
    Free download Sampling, Penggunaan sampling dalam dunia Organ Tunggal (OT) ternyata cukup .......
     
    Itutu KESAT VAGINA
    Berikut adalah cara agar vagina anda tetap kesat meskipun sudah berhubungan beberapa kali ......
     
    x-ray photoshop Cara X-Ray Photoshop
    Untuk membuat efek XRay, seolah-olah kita dapat melihat bagian dalam tubuh seperti tidak berpakaian..
     
    Kata kunci Kata kunci Favorite Blog Adsense
    Pengguna Adsense, pendapatan masih rendah, Kata kunci ini yang akan membuat blog mu meroket, mulai dari sekarang terapkan .....

    Blog Archive

    • February 2018 (2)
    • January 2018 (2)
    • December 2017 (12)
    • November 2017 (6)
    • October 2017 (64)
    • September 2017 (9)
    • August 2017 (32)
    • July 2017 (11)
    • June 2017 (363)
    • May 2017 (2)
    • April 2017 (61)
    • March 2017 (390)
    • February 2017 (84)
    • January 2017 (6)
    • December 2016 (9)
    • November 2016 (7)
    • October 2016 (11)
    • September 2016 (22)
    • September 2015 (4)
    • April 2015 (7)
    • March 2015 (10)
    • February 2015 (19)
    • January 2015 (13)
    • December 2014 (7)
    • November 2014 (21)
    • October 2014 (10)
    • January 2014 (4)
    • February 2010 (24)
    • January 2010 (97)
    • December 2009 (29)
    • October 2009 (150)
    • June 2009 (55)
    • May 2009 (34)
    • April 2009 (45)
    • March 2009 (16)

    Related

    • Download Film Sanam Teri Kasam (2016) Subtitle Indonesia
      Download & Streaming Sanam Teri Kasam (2016) Subtitle Indonesia Terbaru Gratis MP4  MKV  480p 720p & 1080 HD BluRay, DVDScr, DVDRip,...
    • Download Film The Raid Redemption (2012) Bluray 720p Subtitle Indonesia
      Download The Raid Redemption (2012) Bluray 720p Indonesia        STREAMING MOVIE Poster Info  The Raid Redemption (2012) Genre Action,Thrill...
    • Download Film 8 Hari Menaklukan Cowo (2016) Full Movie
      Download & Streaming 8 Hari Menaklukan Cowo (2016) Full Movie Terbaru Gratis MP4  MKV  480p 720p & 1080 HD BluRay, DVDScr, DVDRip, W...
    • Download Film Hate Story 3 2015 DVDRip 720p Subtitle Indonesia
      Download & Streaming  Hate Story 3 2015 DVDRip 720p Subtitle Indonesia  Terbaru Gratis MP4  MKV  480p 720p & 1080 HD BluRay, DVDScr,...
    Copyright © 2014 Sarianekabaca - Powered by Blogger
    Template by Sarianekabaca - Versi Seluler