Sarianekabaca
  • Home
Beranda » MYCOPYPASTE » PERENCANAAN PEMASARAN » Kiat Jitu menyusun Marketing Plan

Kiat Jitu menyusun Marketing Plan

MYCOPYPASTE

Bagi beberapa perusahaan, marketing plan hanya dianggap sebagai ritual tahunan­­­—dibuat, lalu disimpan di lemari. Padahal dari beberapa riset yang sangat scientific dikatakan bahwa ada korelasi yang sangat jelas antara pembuatan marketing plan dengan kesuksesan suatu perusahaan.

Apalagi di jaman sekarang, dimana lanskap bisnis begitu cepat berubah. Perusahaan yang tidak membuat marketing plan jelas akan ketar-ketir menghadapinya. Ada beberapa alasan. Pertama, teknologi yang begitu cepat berubah telah membuat siklus hidup suatu produk semakin pendek.. Tanpa perencanaan yang baik, produk kita akan habis oleh kompetitor yang hadir dengan teknologi canggih.

Kedua, bisnis telah memasuki era liberalisasi. Deregulasi, perdagangan bebas, tingkat kemudahan untuk masuk ke suatu bisnis, dan sebagainya telah mendorong kompetisi yang semakin ketat dengan kompetitor yang semakin agresif. Sebagai contohnya harmonisasi regulasi di industri farmasi pada tahun 2008, akan membuat kompetisi semakin seru dan ketat. “Distributor-distributor raksasa sudah memikirkan bagaimana caranya bisa menancapkan kukunya di Indonesia, karena Indonesia pasarnya gede banget,” kata Jacky Mussry mengingatkan para anggota forum yang hadir dalam forum berjudul Marketing Plan: Crucial Step to Achieve Business Success yang diadakan pada hari Selasa tanggal 11 Juli 2006.

Ketiga, pasar semakin terbagi-bagi Setiap pasar harus diberlakukan berbeda. ”Semua semakin niche,” ucap Jacky. Dan alasan keempat adalah semakin canggihnya pelanggan. Pelanggan sekarang memiliki akses informasi yang sangat luas sekali, hal ini didorong oleh teknologi internet yang berkembang pesat. Selain itu, pelanggan sekarang memiliki lebih banyak pilihan produk. yang membuatnya semakin menuntut dan tidak loyal terhadap suatu merek.

Untuk menyiasati hal tersebut di atas, Jacky Mussry menggarisbawahi empat hal yang harus dimiliki ketika menyusun marketing plan sehingga hasilnya baik. Pertama, memiliki latar belakang pemasaran yang kuat. Datanya bisa didapat dari eksternal, internal, secara kualitatif maupun kuantitatif. ”Kadang kita bisa dapat datanya dari sumber-sumber yang sudah diterbitkan,” ucap Jacky

Kedua, memberikan arah yang jelas. ”Arahan ini harus menggambarkan secara tegas apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan perusahaan,” tutur Jacky. Lanjutnya, Jacky mengatakan bahwa sumber daya kita terbatas, sehingga kita harus hati-hati memanfaatkannya agar sumber daya kita tidak habis terbuang.

Ketiga, ketika dieksekusi dapat menciptakan penjualan dan keuntungan. ”Sales tidak akan ada gunanya jika tidak bisa menghasilkan profit,” imbuh Jacky.

Keempat, bisa dievaluasi dari waktu ke waktu. Mengutip pada perkatan Norton dan Kaplan, pengarang buku The Balance Scorecard: Turning Strategy into Action, kita tidak bisa mengatur sesuatu yang tidak jelas ukurannya. Sehingga pengukuran menjadi begitu penting untuk melakukan evaluasi.

Dengan mengingat empat hal diatas, maka penyusunan 7 langkah marketing plan yakni tinjauan bisnis, strategi pemasaran, target penjualan, bauran pemasaran, finansial-bujet, eksekusi, dan evaluasi akan menjadi lebih mudah, lebih akurat, dan lebih menghasilkan untung. Sehingga marketing plan tidak hanya menjadi ritual semata, melainkan sebagai alat untuk melakukan pertarungan dalam memenangkan pasar. ”Sebelumnya saya tidak menganggap penting marketing plan, namun ini (forum-red) membuka wawasan saya mengenai pentingnya membuat marketing plan,” kata salah seorang anggota forum yang enggan disebutkan namanya. (Markplus&Co)Share

PENGERTIAN PERENCANAAN PEMASARAN
Kiat Jitu menyusun Marketing Plan
Penjelasan Retail
Product bundling
Product lining
Segmentasi Targeting dan Positioning (2)
Segmentasi dan Targeting. Positioning (1)
Segmentasi Pasar , Penentuan Target Pasar dan Positioning
Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP)
STP dan 4P
Positioning Berdasarkan Nilai
Apa itu Positioning (Pengertian Positioning)
Strategi Repositioning (reposisi suatu produk)
Positioning Strategy
Empat Kriteria Yang Menentukan Positioning
Positioning Menurut Manfaat
Positioning Berdasarkan Kategori
Positioning Berdasarkan Atribut


http://toel2.blogspot.com/

Tweet

Artikel keren lainnya:

Ditulis oleh Unknown pada tanggal Friday, January 1, 2010
Newer Post
Older Post
Home

Popular Post


Kata kunci UNBANNED CHAR PB CONF
Sangat di sayangkan bagi seorang Tropper dengan char Unggulannya yang sudah di banned tapi .....
 
Kata kunci CHEAT PB GARENA TERBARU LULUS UJI
Cheat Terbaru Grid Super Glass PB Garena Lulus Uji Patch, tembus meskipun billing dari PB Garena .....
 
sampling Berbagai Sampling Keyboard
Free download Sampling, Penggunaan sampling dalam dunia Organ Tunggal (OT) ternyata cukup .......
 
Itutu KESAT VAGINA
Berikut adalah cara agar vagina anda tetap kesat meskipun sudah berhubungan beberapa kali ......
 
x-ray photoshop Cara X-Ray Photoshop
Untuk membuat efek XRay, seolah-olah kita dapat melihat bagian dalam tubuh seperti tidak berpakaian..
 
Kata kunci Kata kunci Favorite Blog Adsense
Pengguna Adsense, pendapatan masih rendah, Kata kunci ini yang akan membuat blog mu meroket, mulai dari sekarang terapkan .....

Blog Archive

  • February 2018 (2)
  • January 2018 (2)
  • December 2017 (12)
  • November 2017 (6)
  • October 2017 (64)
  • September 2017 (9)
  • August 2017 (32)
  • July 2017 (11)
  • June 2017 (363)
  • May 2017 (2)
  • April 2017 (61)
  • March 2017 (390)
  • February 2017 (84)
  • January 2017 (6)
  • December 2016 (9)
  • November 2016 (7)
  • October 2016 (11)
  • September 2016 (22)
  • September 2015 (4)
  • April 2015 (7)
  • March 2015 (10)
  • February 2015 (19)
  • January 2015 (13)
  • December 2014 (7)
  • November 2014 (21)
  • October 2014 (10)
  • January 2014 (4)
  • February 2010 (24)
  • January 2010 (97)
  • December 2009 (29)
  • October 2009 (150)
  • June 2009 (55)
  • May 2009 (34)
  • April 2009 (45)
  • March 2009 (16)

Related

  • Download Film Sanam Teri Kasam (2016) Subtitle Indonesia
    Download & Streaming Sanam Teri Kasam (2016) Subtitle Indonesia Terbaru Gratis MP4  MKV  480p 720p & 1080 HD BluRay, DVDScr, DVDRip,...
  • Download Film The Raid Redemption (2012) Bluray 720p Subtitle Indonesia
    Download The Raid Redemption (2012) Bluray 720p Indonesia        STREAMING MOVIE Poster Info  The Raid Redemption (2012) Genre Action,Thrill...
  • Download Film 8 Hari Menaklukan Cowo (2016) Full Movie
    Download & Streaming 8 Hari Menaklukan Cowo (2016) Full Movie Terbaru Gratis MP4  MKV  480p 720p & 1080 HD BluRay, DVDScr, DVDRip, W...
  • Download Film Hate Story 3 2015 DVDRip 720p Subtitle Indonesia
    Download & Streaming  Hate Story 3 2015 DVDRip 720p Subtitle Indonesia  Terbaru Gratis MP4  MKV  480p 720p & 1080 HD BluRay, DVDScr,...
Copyright © 2014 Sarianekabaca - Powered by Blogger
Template by Sarianekabaca - Versi Seluler