Sarianekabaca
  • Home
Beranda » MYCOPYPASTE » PRICING » Cara-Cara Penetapan Harga Produk

Cara-Cara Penetapan Harga Produk

MYCOPYPASTE

Suatu perusahaan dalam menetapkan harga produk umumnya berorientasi pada 3 hal, yaitu: (1) Penetapan harga yang berorientasi biaya, (2) Penetapan harga yang berorientasi permintaan, dan (3) Penetapan harga yang berorientasi persaingan. Berikut penjelasannya.

Penetapan Harga yang Berorientasi Biaya

Kebanyakan suata perusahaan menetapkan harga berdasarkan biaya yang dikeluarkan. Umumnya semua biaya, termasuk pengalokasian biaya tambahan, selalu berubah dan dibuat berdasarkan perkiraan tingkat pelaksanaan. Penetapan harga yang berorientasi biaya biasanya dilakukan dalam perdagangan eceran (bahan makanan, mebel, kerajinan, pakaian) dan pesanan karena biayanya sulit ditentukan sebelumnya, seperti pembuatan bangunan dan mesin yang khusus.

Hal-hal yang perlu menjadi pedoman dalam penetapan harga yang berorientasi biaya adalah :

1. Presentase kenaikan harga harus berbanding terbalik dengan harga satuan. Artinya, semakin rendah harga satuan, semakin tinggi presentase kenaikan harga. Contoh: Sebuah dompet yang semula harganya Rp. 20.000 dapat dijual dengan harga Rp. 40.000.-atau terjadi kenaikan harga sebesar 100 %. Sementara seperangkat meja kursi yang harganya Rp. 300.000 dapat dijual dengan harga Rp 450.000 atau kenaikan harga relatif lebih rendah sebesar 50 %.
2. Tingkat kenaikan harga harus berbanding terbalik dengan harga penjualan. Artinya, bila suatu produk semakin sering dibeli, maka kenaikan harga semakin sedikit. Semakin sedikit produk tersebut dibeli, semakin tinggi kenaikan harganya. Sebagai contoh: Surat kabar, rokok dan sabun mandi akan memiliki kenaikan harga yang lebih rendah dari peralatan elektronik seperti komputer, televisi, lemari es, dan mesin cuci.

Penetapan Harga yang Berorientasi Permintaan.

Penetapan harga sebagian besar berdasarkan pada banyak permintaan. Apabila permintaan banyak, harga yang dikenakan akan tinggi. Akan tetapi, bila permintaan sedikit, harga yang dikenakan akan rendah walaupun dalam kedua kasus di atas harga satuan yang berlaku mungkin sama. Harga dapat berbeda-beda berdasarkan konsumen. Harga yang lebih tinggi diberikan kepada pembeli yang tidak mempedulikan harga, dan harga yang lebih rendah diberikan pada pembeli yang memperhatikan harga. Penetapan harga seperti ini dapat menghancurkan kepercayaan konsumen dalam jangka panjang.

* Harga dapat berbeda berdasarkan tempat. Contahnya, tempat duduk di stadion dan bangunan ruko yang disewakan.
* Harga juga dapat berbeda-beda menurut waktu, misalnya produk musiman dan minuman.
* Harga dapat berbeda-beda berdasarkan versi produk. Versi-versi produk yang agak berbeda diberi harga yang berbeda, tetapi tidak sebanding dengan biaya marginal masing-masing. Contoh, satu kotak susu pasterisasi dengan harga kemasan seharga Rp. 2.500 dapat dijual seharga Rp. 5.000. Sedangkan satu kotak susu pasterisasi yang sama dengan harga kemasan Rp. 1.500 dapat dijual dengan harga Rp. 3.000,-

Penetapan Harga yang Berorientasi Persaingan.

Penetapan harga dilakukan bila harga tersebut sebagian besar ditentukan oleh harga pesaing yang lain. Dalam hal ini harga tidak perlu sama. Perusahaan dapat mempertahankan harga produknya lebih tinggi atau lebih rendah dari harga produk pesaing dalam batasan presentase tertentu. Jenis penetapan harga ini biasanya digunakan untuk menyaingi produk yang tidak berbeda, seperti beras, minyak goreng, tepung terigu, gula pasir dan lain-lain. Penetapan harga yang berorientasi persaingan juga dapat digunakan dalam penawaran kontrak.(diskopjatim) Share

  • Cara-Cara Penetapan Harga Produk

  • Metode Penetapan Harga Untuk Menghadapi Pasar/Pesa...

  • Tujuan & Metode Pendekatan Penetapan Harga

  • PENETAPAN HARGA JUAL

  • Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Nilai Pelangg...

  • Enam Kesalahan Penetapan Harga Terbesar

  • POWER PRICING

  • Kebijakan Penetapan Harga Produk

  • Tujuan Strategi Penetapan Harga Bagi Perusahaan Bi...

  • Metode Penetapan Harga Dengan Pendekatan Biaya


  • Metode Penetapan Harga Dengan Pendekatan Biaya

  • Segmentasi Targeting dan Positioning (2)
    Segmentasi dan Targeting. Positioning (1)
    Segmentasi Pasar , Penentuan Target Pasar dan Positioning
    Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP)
    STP dan 4P
    Positioning Berdasarkan Nilai
    Apa itu Positioning (Pengertian Positioning)
    Strategi Repositioning (reposisi suatu produk)
    Positioning Strategy
    Empat Kriteria Yang Menentukan Positioning
    Positioning Menurut Manfaat
    Positioning Berdasarkan Kategori
    Positioning Berdasarkan Atribut


    http://toel2.blogspot.com/

    Tweet

    Artikel keren lainnya:

    Ditulis oleh Unknown pada tanggal Friday, January 1, 2010
    Newer Post
    Older Post
    Home

    Popular Post


    Kata kunci UNBANNED CHAR PB CONF
    Sangat di sayangkan bagi seorang Tropper dengan char Unggulannya yang sudah di banned tapi .....
     
    Kata kunci CHEAT PB GARENA TERBARU LULUS UJI
    Cheat Terbaru Grid Super Glass PB Garena Lulus Uji Patch, tembus meskipun billing dari PB Garena .....
     
    sampling Berbagai Sampling Keyboard
    Free download Sampling, Penggunaan sampling dalam dunia Organ Tunggal (OT) ternyata cukup .......
     
    Itutu KESAT VAGINA
    Berikut adalah cara agar vagina anda tetap kesat meskipun sudah berhubungan beberapa kali ......
     
    x-ray photoshop Cara X-Ray Photoshop
    Untuk membuat efek XRay, seolah-olah kita dapat melihat bagian dalam tubuh seperti tidak berpakaian..
     
    Kata kunci Kata kunci Favorite Blog Adsense
    Pengguna Adsense, pendapatan masih rendah, Kata kunci ini yang akan membuat blog mu meroket, mulai dari sekarang terapkan .....

    Blog Archive

    • February 2018 (2)
    • January 2018 (2)
    • December 2017 (12)
    • November 2017 (6)
    • October 2017 (64)
    • September 2017 (9)
    • August 2017 (32)
    • July 2017 (11)
    • June 2017 (363)
    • May 2017 (2)
    • April 2017 (61)
    • March 2017 (390)
    • February 2017 (84)
    • January 2017 (6)
    • December 2016 (9)
    • November 2016 (7)
    • October 2016 (11)
    • September 2016 (22)
    • September 2015 (4)
    • April 2015 (7)
    • March 2015 (10)
    • February 2015 (19)
    • January 2015 (13)
    • December 2014 (7)
    • November 2014 (21)
    • October 2014 (10)
    • January 2014 (4)
    • February 2010 (24)
    • January 2010 (97)
    • December 2009 (29)
    • October 2009 (150)
    • June 2009 (55)
    • May 2009 (34)
    • April 2009 (45)
    • March 2009 (16)

    Related

    • Download Film Sanam Teri Kasam (2016) Subtitle Indonesia
      Download & Streaming Sanam Teri Kasam (2016) Subtitle Indonesia Terbaru Gratis MP4  MKV  480p 720p & 1080 HD BluRay, DVDScr, DVDRip,...
    • Download Film The Raid Redemption (2012) Bluray 720p Subtitle Indonesia
      Download The Raid Redemption (2012) Bluray 720p Indonesia        STREAMING MOVIE Poster Info  The Raid Redemption (2012) Genre Action,Thrill...
    • Download Film 8 Hari Menaklukan Cowo (2016) Full Movie
      Download & Streaming 8 Hari Menaklukan Cowo (2016) Full Movie Terbaru Gratis MP4  MKV  480p 720p & 1080 HD BluRay, DVDScr, DVDRip, W...
    • Download Film Hate Story 3 2015 DVDRip 720p Subtitle Indonesia
      Download & Streaming  Hate Story 3 2015 DVDRip 720p Subtitle Indonesia  Terbaru Gratis MP4  MKV  480p 720p & 1080 HD BluRay, DVDScr,...
    Copyright © 2014 Sarianekabaca - Powered by Blogger
    Template by Sarianekabaca - Versi Seluler